Ketik dan Tekan Enter

T12/17/2016

Apa yang di maksud dengan Custom Rom Atau Cusrom ?

Cusrom adalah singkatan dari berasal dua kata yaitu custom dan Rom 
Custom berati di artikan sudah di ubah dan Rom adalah sistem nya
Jadi bisa di katakan mengubah suatu sistem dari sistem aslinya.

Melihat Banyak nya developer sekarang itu sudah banyak dan pastinya custom Rom juga makin banyak, banyak tweak sana sini dan tools tools yang berhubungan dengan opreker.

Custom Rom itu adalah sebuah sistem yang di buat oleh developer bukan dari manufaktur nya contohnya sistem Lenovo lalu di port oleh developer atau porting ke Smartfren Andromax nah kan sistemnya beda? Apakah menyebabkan bootloop ataukah softbrick dan hardbrick ?

Ya..Tergantung yang memport, kalau portingannya benar pasti tidak akan terjadi bootloop, softbrick dan hardbrick.

Apakah ada Syarat memakai custom Rom?
Pastinya ada dong, yaitu wajib root dan memakai custom Recovery atau biasa di sebut CWM, TWRP, PHILZ dan sejenisnya.
Lalu root itu apa? Kalian bisa membacanya disini

Lalu apa itu port dan porting?
Menggabungkan sistem asli dari manufaktur ke sistem yang bukan di port, yang mau di port atau sistem generik, yang saya tahu sistem aslinya yang akan di pindahkan adalah folder sistem lib, vendor, Firmware dan lain sebagainya ke sistem generik nya.

Apakah ada efek samping menginstal custom Rom?
Pasti di semua custom Rom ada efek sampingnya atau di namakan bug tergantung yang port dan sistemnya stabil atau tidak. 
Biasanya yang paling terpengaruh itu adalah baterai.. Yap baterai karena baterai akan mengulang mengkalibrasi lagi dengan sistem yang baru walau bug ini pasti lama lama akan tidak ada karena baterai sudah berkalibrasi berulang ulang.

Dan yang ke dua biasanya adalah hardware nya yang Lemot ataupun malah enteng banget, kalau ini tergantung apabila sistemnya banyak atau nyesek maka akan menyebabkan banyak crash jadinya ram akan nyesek dan nge Hank.

Tetapi jika sistemnya sangat dikit atau kalau sekarang menyebutkannya minimalis yaitu sangat sedikit sekali file file di sistem maka akan berasa menjadi enteng.

Jadi lebih baik apakah tidak memakai custom Rom atau stock Rom ?
Pilihan tergantung sobat, kalau kata saya lebih baik memakai stockrom di banding custom Rom atau cusrom karena stockrom pastinya sudah stabil di banding custom Rom.

 dan custom Rom mempunyai lebihan jika hobi sobat adalah opreker pasti suka sekali mengoprek, ya kan ? Sama seperti saya, sebenarnya saya suka sekali dengan custom Rom. karena sekarang saya memakai devices Xiaomi, sobat pasti sudah tau lah ya, UI dari Xiaomi sudah bagus dan fiturnya banyak jadi tidak memerlukan custom Rom malah banyak Ui atau MIUI nya Xiaomi di port ke Devices Devices Android lainnya.
About Author

Menjadi Seorang Blogger Yang Berguna Untuk Orang Lain Dan Tetap Berbagi Ilmu Walau Hanya Sepotong Kata
Follow Me :
Related Article
Blogger
Disqus
Pilih Komentar

No comments

• Berkomentar Dengan Sopan
• Tidak Boleh Memasukkan Link Aktif/Non Aktif
• Usahakan Berkomentar Yang Ber-Bobot

Salam #Admin VizerWeb 😊