Ketik dan Tekan Enter

T12/17/2016

Apa Yang di Maksud Dengan Root Di Android ?

Root adalah akar dalam bahasa Inggrisnya, ya akar, maksudnya dari akar adalah semua yang di proteksi atau dilindungi oleh sistem dari akar akarnya akan di hapus, lalu di gantikan yang ingin sobat lindungi, jadi proteksi dari sistem akan hilang.

Mungkin dari sekian orang yang belum mengetahui Android lebih jauh root itu hanya sekedar ya itu itu saja, padahal fungsi dan kelebihan root itu banyak..
Tapi kelemahan root juga ada walau bisa di tangkis atau proteksi manual oleh kita.

Memang apa sih kelebihan dari root ?
Kelebihan nya adalah sobat bisa mengganti sebuah sistem yang ada di sistem Android sesuai dengan keinginan sobat, contohnya mengganti
1. font atau gaya tulisan kelebihan ini sudah tidak asing lagi Untuk Devices Samsung biasanya. Karena ada pilihan font yang banyak sekali di settings, jika sobat memakai Devices Samsung cara menggantinya tinggal ke Settings / pengaturan lalu ke tampilan setelah itu pilih font yang dinginkan

2. Mengganti Icon Untuk gaya gaya-an seperti mengganti Icon data H+ atau 3G menjadi 4G atau jika sobat mau lebih up to date bisa mengganti Icon menjadi 10G juga gak masalah 😮 tapi tetap ya.. yang aslinya tetap H+ atau 4G tergantung hardware nya support atau tidak.

3. Proteksi yang lebih, maksudnya pengamannya bisa di tingkatkan atau di kurangi, sobat jika Meng root memakai kingroot pasti ada fitur ini.

4. Menginstal aplikasi yang mempunyai akses root contohnya memasang busybox, granify, root Explorer dan aplikasi lain lain yang menggunakan akses root

5. Menghapus bootloader aplikasi dari Hp sobat, biasanya di Devices Devices tertentu kan biasanya ada aplikasi yang tidak bisa di hapus seperti bbm, Facebook, Twitter, dan lainnya. Nah kalau sudah root sobat bisa menghapusnya dengan cara otomatis atau manual. Jika manual sobat bisa memakai aplikasi ROOT Explorer dan jika mau menghapus bootloader secara otomatis sobat bisa download aplikasi linksd di playstore.

4. Memasang custom Rom yaitu mengganti sebuah sistem aslinya menjadi contohnya menjadi asus, xiaomi dan lainnya. Sobat bisa membacanya disini.

5. Memberhentikan Aplikasi yang berjalan secara manual yang sering menghabiskan ram dan baterai dengan granify yang versi root. Karena ada juga versi yang bukan root tapi cara yang tidak root kurang efektif.

Nah itulah 5 kelebihan dari mengroot android. 
Lalu apa saja kelemahan atau kekurangan dari root ?

1. Virus mudah masuk, biasanya jika sobat transaksi Online atau suka mengunjungi web atau blog yang banyak iklan. Jadi tidak di sarankan bagi yang suka transaksi Online untuk mengroot Hp sobat. Lebih baik tidak di root.

2. Mudah terkena penyakit maksudnya seperti bootloop karena yang pasti ada sistem yang tidak stabil atau crash. Mengatasinya mudah tinggal flash ulang Dengan stockrom atau cusrom (Custom Rom)

3. Tidak akan mendapatkan update dari sistem aslinya. Walau ada notifikasi untuk mengupdate nya sebaiknya jangan karena akan  menyebabkan bootloop. Tapi biasanya muncul notifkasi peringatan "Devices Anda sudah di root Anda tidak bisa mengupdate sistem"

Cara mengatasinya cukup dengan meng-unroot dan men-uninstal driver driver seperti Xposed sampai tuntas. Tapi tetap saja biasanya akan gagal. jadi jika mau mengupdate, Hp sobat wajib di flash ulang terlebih dahulu.

Nah sobat sudah tahu kan kelebihan dan kekurangan Meng root Android? Dan apa pengertian root pada Android? 

Sebelum meninggal kan artikel sobat bisa komentar terlebih dahulu ya.
About Author

Menjadi Seorang Blogger Yang Berguna Untuk Orang Lain Dan Tetap Berbagi Ilmu Walau Hanya Sepotong Kata
Follow Me :
Related Article
Blogger
Disqus
Pilih Komentar

No comments

• Berkomentar Dengan Sopan
• Tidak Boleh Memasukkan Link Aktif/Non Aktif
• Usahakan Berkomentar Yang Ber-Bobot

Salam #Admin VizerWeb 😊