TFebruary 16, 2017

Kelebihan, Kekurangan Serta Pengertian Dari Memori Internal Dan External

Kelebihan Dan Kekurangan Menyimpan Di Internal Dan eksternal memori
Memori sudah sangat terkenal yang biasa orang bilang penyimpanan. Kamu bisa menyimpan sebuah file file pada Devices kamu, semua Devices itu pasti punya yang namanya Memori.

Perlu di ingat bahwa memori di bagi menjadi 2 bagian yaitu memori internal dan eksternal. Pasti kamu sudah tahu kan bahwa internal berada di dalam dan untuk eksternal memorinya di luar yang biasanya bisa lepas.

Tetapi ternyata ada juga loh memori yang bentuknya tidak terlihat, memori apa sih ? Yaitu memori pada cloud dimana kamu jika ingin menyimpan sebuah file harus menggunakan internet. Layanan memori cloud ada banyak sekali, contohnya adalah Google Drive.

Baca Juga : 7 Penyebab Kartu Memori Eksternal Cepat Rusak Serta Solusinya

Dua jenis ini punya kelebihan dan kekurangan pastinya. Saya akan menjelaskan kelebihan dari memori internal adalah :

1. Punya umur yang panjang
Memori internal punya umur yang panjang sekali di banding dengan memori eksternal.maksudnya adalah punya daya tahan yang lebih lama. Harga pada memori internal lebih mahal di banding dengan eksternal.

2. Kuat untuk di partisi
Mungkin kamu pernah lihat bahwa memori pada PC mempunyai ruang yang banyak seperti Data E, Data C, Data D dan lainnya, itu karena memori internal yang di partisi beberapa bagian.

3. Write dan Read nya yang lebih cepat
Dalam memindahkan atau meng-copy file memerlukan kinerja memori yang cepat. Coba bandingkan dengan memori eksternal, pasti masih lebih cepat kinerja memori internal bukan ?

Lalu kekurangan pada memori Internal apa saja sih ?
1. Tidak bisa di bawa bawa
Kamu pasti jarang melihat Memori internal karena letaknya yang di dalam hardware. Yap, memang memroot Internal di buat menyatu dengan hardwarenya. 

2. Kapasitas yang lebih kecil
Kapasitas nya lebih kecil karena adanya suatu sistem untuk menjalankan sistem pada smartphone, pc ataupun memori itu sendiri. Jadi ada partisi yang di pakai untuk menjalankan sebuah sistem di dalamnya.

3. Bentuknya jauh lebih besar
Bentuknya memang agak besar karena mempunyai komponen yang lebih banyak untuk memberikan perlindungan dari benturan atau yang lainnya.

Sekarang ke pembahasan pada memori eksternal. Apa saja sih kelebihan pada memori eksternal ?

1. Bisa di bawa bawa
Pasti kamu pernah mencopot atau memasang memori, itu adalah memori eksternal. Kamu bisa membawa kemana saja tanpa harus membawa Devices nya.

2. Kapasitas yang lebih besar
Kapasitas nya bisa melebihi meoeri Internal karena hanya mempunyai sistem untuk menjalankan memori itu yang lebih sedikit.

3. Bentuknya yang lebih kecil
Kamu pasti pernah lihat kan, bentuk semungil itu bisa menampung banyak file. Bentuknya sangat kecil karena 

Kekurangan pada memori eksternal :
1. Umur yang lebih sedikit 
Pernah tidak kartu memori kamu minta di format ? Ya, itu sangat wajar karena memori eksternal cepat mengalami eror pada partisinya. Malah ada juga yang minta format tapi tetap tidak normal berarti jika sudah begitu tandanya sudah rusak.

2. Cepat Rusak
Memori semua memang bisa rusak, tetapi karena memori eksternal sangat sering di gunakan untuk menyimpan file, makanya jadi cepat rusak.

3. Proses membaca yang lambat
Proses memindahkan file atau mengcopy file memang lebih lambat karena kualitas yang kurang, mengingat harganya yang lebih murah pasti Sudah pas sekali dengan spesifikasinya juga.

Begitulah kelebihan dan kekurangan pada 2 memori di atas. Semua teknologi pasti tidak ada yang sempurna dan pasti punya kelebihan tersendiri. Saya mengambil artikel ini dari pengalaman saya sendiri, karena Baru saja memori eksternal saya rusak hehehe.. 

Show/Hide Comment

Muat Lebih Banyak
About Author

Menjadi Seorang Blogger Yang Berguna Untuk Orang Lain Dan Tetap Berbagi Ilmu Walau Hanya Sepotong Kata
Follow Me :
Related Article