TMay 12, 2017

Alasan Kenapa Xiaomi Redmi Note 4 Mediatek Baterainya Sangat Boros ?

Review Performa Dan Baterai Xiaomi Redmi Note 4 Mediatek

Mungkin banyak beberapa alasan banyak yang bilang kalau Xiaomi redmi Note 4 seri mtk atau Mediatek sangat boros. 

Walau ada dua series keluaran Note 4 ternyata ada kelebihan dan juga ada kekurangan nya. Semua teknologi pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan bukan ?

Dari dua seri Note 4 terbaru tahun ini Walau yang pertama keluar adalah seri Mediatek ternyata punya kelebihan yang bisa kita acungkan dari segi performa.

Untuk kekurangannya adalah baterainya dibilang memang benar benar boros. Karena saya sudah memakai baterai berkapasitas itu sekitar 3 tahun dengan resolusi layar 5/6 inchi ternyata Note 4 Mediatek ini sangat boros baterai.

Beberapa alasan dari kelebihan dan kekurangan Xiaomi redmi note 4 Mediatek.

Xiaomi Redmi Note 4 MTK Mempunyai Kelebihan yang terlihat dari performanya.

1. Clock CPU Yang Sangat Kencang

Dengan kecepatan clock cpu yang tinggi tentunya membuat sebuah smartphone ini berjalan mulus tanpa kendala apapun. Yang mempunyai clock cpu di atas 2Ghz yaitu 2,11Ghz. 

Kebanyakan smartphone lainnya dengan harga atau Spek yang hampir sama tentunya itu adalah prosesor yang kencang, tapi bukan dalam artian tercepat karena ada smartphone lain di atas clock cpu Note 4 mediatek ini.


2. Mempunyai core yang banyak sekali

Jeroan Note 4 Mediatek ini mempunyai core cpu yang sangat banyak di banding dengan smartphone manapun. Kenapa saya bilang "sangat banyak dari smartphone lainnya?" 

Coba kamu lihat smartphone dari yang termurah sampai flagship tentunya mempunyai core cpu terbanyak octacore (8 Otak). Untuk Xiaomi redmi Note 4 ini mempunyai otak yang lebih banyak yaitu decacore (10 otak).

Apa fungsi dari core ? Meringankan segala aplikasi sistem ataupun aplikasi lainnya yang sedang di pakai. Berbeda dengan aplikasi yang berjalan di background ya. 

Pernahkah kamu memakai smartphone yang masih menggunakan dual-core ? Pasti banyak kendala nya bukan ? Seperti lag atau crash. Itu karena core dalam smartphone tersebut sangat kecil.

Catatan kecil, jangan salahkan Ram kecil karena ram tidak terlalu penting dalam segi performa melainkan dalam segi pelengkap saja.


3. Ram yang besar

Ada 3 varian yang di rilis nya yaitu varian 3/32, varian 3/64 dan varian 4/64. Jadi pilihlah smartphone sesuai dengan pemakaian kamu.

Jika penjelasan di atas adalah core, sekarang adalah Ram. Di atas saya sudah menyebutkan fungsi ram bukan dalam segi performa.

Ram berfungsi untuk menjalankannya aplikasi yang sangat banyak. Tapi tidak mungkin dari kita yang menggunakan banyak Aplikasi dalam satu waktu. Mungkin hanya seberapa orang yang menggunakannya seperti orang yang bekerja kantoran atau pekerjaan berat lainnya.

Jika core kamu sangat kecil yaitu Quadcore (4 otak) tapi Ram kamu 4GB tentunya kamu akan merasakan lag karena core sangat pusing untuk memikirkan apakah menjalankan aplikasi itu dulu atau ini karena hanya mempunyai 4 otak saja. 

4. Prosesor Ter adem dengan Mediatek (MTK)

Banyak produsen smartphone yang menggunakan Snapdragon karena Snapdragon sudah lebih terkenal dari Mediatek. Seperti halnya smartphone Luna dan samsung. Mana yang kalian pilih ? Tentunya samsungkan ? Karena sudah terkenal ke semua negri dan banyak orang yang menganggap Samsung pastinya sangat bagus.

Nyatanya ada produsen yang lebih bagus lagi yaitu Luna dengan harga yang lebih murah pastinya. Bukan dalam artian saya mengganggap Samsung kurang bagus ya. Hanya membandingkan dalam kasat logika saja

Kalau saya bandingan dengan kedua prosesor Snapdragon dan Mediatek peralihannya hanya 11/12 saja. Tergantung dari tipenya juga.

Untuk Xiaomi redmi Note 4 Mediatek mempunyai tipe X20 yang mempunyai kelebihan prosesor yang sangat kencang walau ada tipe baru dari Mediatek yaitu P10 tapi masih hampir sama dengan kecepatan nya.

Walau kencang pastinya enggak panas ketika bermain games, Paling paling hanya terasa hangat.

5. Memori yang mempercepat kinerja

Apa bisa memori (internal) mempercepat kinerja ? Bisa kok, alasannya ? Baca terus artikel nya ya.

Memori internal pada smartphone Xiaomi redmi Note 4 mempunyai kapasitas yang enggak biasanya dari smartphone lain yaitu yang paling kecil adalah 32GB dan yang Terbesar 64GB.

Pasti tidak akan kehabisan ruang agar sistem selalu bekerja, karena jika smartphone memorinya sudah habis dan hanya tersisa 100MB atau dibawahnya akan terasa lag pada aplikasi yang dijalankan.

Karena kenyataannya setiap aplikasi membutuhkan ketersediaan memori (internal) yang cukup agar bisa bernafas dengan mudah dan aplikasi pasti akan mengembang dan memerlukan memori untuk menyimpan data.


Apa kekurangan pada smartphone Xiaomi redmi Note 4 Mediatek ?

Baterai yang sangat boros

Memang rumor yang diberikan itu memang benar. Karena alasan tersebut memang seharusnya begitu. Berikut beberapa alasannya

1. Core yang sangat besar
Tentunya membutuhkan daya yang lebih besar juga untuk menjankan 10 otak prosesor.

2. Prosesor tipe X20
Sudah saya sebutkan di atas kalau tipe X20 adalah prosesor yang cepat tetapi mempunyai kekurangan dalam daya.

- Saya membaca dalam website Mediatek yang katanya mempunyai resolusi yang sangat besar, tentunya akan memakan banyak daya pada baterai.

- "x20/x25 prosesor pertama yang memakai 10 inti otak" karena prosesor pertama kalinya mungkin harus ada yang harus di optimalkan untuk prosesor selanjutnya nya. Pastinya wajar dong karena prosesor x20/x25 yang pertama menggunakan teknologi semacam itu.

-  dalam segi kamera kalau saya bandingan dengan Snapdragon 506 dengan Mediatek X20 entah mengapa hasilnya lebih bagus Mediatek X20. Saya menguji dengan 2 smartphone Snapdragon dan 2 mediatek loh. Tapi hasilnya lebih memuaskan Mediatek.


Dalam hasil pengujian di atas bisa di pungkiri apakah smartphone ini layak dibeli ? Pilihan ada pada kamu. Jika memilih dalam segi balap balapan bisa pilih smartphone ini. Tapi untuk hemat hemat baterai kamu bisa pilih varian Snapdragon.
About Author

Menjadi Seorang Blogger Yang Berguna Untuk Orang Lain Dan Tetap Berbagi Ilmu Walau Hanya Sepotong Kata
Follow Me :
Related Article