TJune 26, 2018

Kelebihan Dan Keunikan Prosesor Mediatek Helio X Series X10, X20, X23 Cluster, X25, X27, X30

User Mediatek Sejati 


Kebanyakan dari mereka pasti berangkatkan mediatek itu hanya sebatas prosesor bawahan "alah mediatek bisanya apa sih ?". Enggak juga, kata siapa ? Situ udah buktiin ?

Ada juga yang bilang, "Mediatek Prosesor Panas nih", "Boros Baterai", Ngelag Walau Ram Gede" Dan Lain sebagai nya.

Oh iya, artikel ini hanya untuk kenangan saya dan catatan saya saja karena sudah sekian lama saya memakai prosesor mediatek sekitar 5 devices yang saya coba dan untuk Snapdragon saya baru memakai 3 devices dan untuk Intel baru sekali.

Memang alasan itu masuk akal, tetapi apakah kamu tahu apa yang membuat mediatek seperti itu ? Masalahnya ada pada Open Source yang terakhir terlalu tertutup. Banyak produsen dengan prosesor mediatek tidak terlalu update OS nya.

Saya lihat developer Xiaomi redmi note 4 MTK yang awalnya banyak dan yang membuat custom Rom seperti sudah mulai menyerah dengan bug yang ada. So, nothing perfect in this world dan pasti tuh Rom harus kita yang cari sendiri untuk fix nya.

Masalah panas

Panas pada prosesor X series di alami dari generasi pertama sampai X25, kenapa ?
Karena nanometer yang besar atau ukuran 20nm prosesor yang besar menyebabkan panas berlebihan.

Maka dari itu software lah yang bekerja untuk meminimalisir panas dengan cara menurunkan clock cpunya yang tinggi ketika cpu di atas rata rata panasnya. 

Alhasil ? Sumpah lag bener, tapi tenang saya punya solusinya.

Solusi

Untuk device yang memiliki prosesor mediatek, sebenarnya untuk prosesor lain juga bisa sih, cuman saya belom coba.

Coba kalian cari di google "cara thermal bypass pada PONSEL ANDA" atau
Menggunakan aplikasi pihak ketiga setCPU dan kernel tweak. 

Dan tweak yang saya sarankan adalah "LSpeed" saya sudah memakainya sekian lama selama 3 tahun mantap lah tested on Andromax C3.

Dan jika sudah di tambahin beberapa solusi di atas pasti langsung tuh hp terasa panas banget (pake banget gan :v). Solusinya main di depan kipas, ok ?


Curhatan :v eaaa

Ya, kalian juga tahu kan prosesor Intel yang nm nya lebih dari itu yaitu 23-25nm. Tuh prosesor laptop apa apaan yak ?

Laptop aja prosesor nya sudah sekitar 20 nm -an. Dan laptop saya aja 32nm -_- 

Kalo main games mungkin bisa sekalian goreng telor di bodynya kali ya.. ?

Ya, saya juga merasakan memiliki prosesor Intel pada Asus Fonepad fe170cg yang panas busettt naujubillah bet dah.. gak kuat gw megang tuh tablet. Buat gaming aja langsung overheating -_- ini pengalaman gan, cerita asli 15 menit buat main game hd sudah panasnya minta ampun.

Ngelag

Ntah mengapa pada seri Xiaomi redmi note 4 MTK dengan ram 4Gb aja main pubg lah, itu disebabkan clock cpunya yang turun bukan ram, ok ? :D

Solusi Ngelag

Untuk gaming itu dibutuhkan ram minimal 1,5Gb saja untuk saat ini sudah cukup. Yang terpenting adalah GPU dan clock cpu.

Kalau kalian sering main laptop atau PC pasti ada cooler nya kan ? Nah kalo lagi main game pasti kipas langsung auto kenceng kan ? Nah itu tandanya prosesor sedang jalan sekuat tenaga sampai batas akhir clock cpu, maksudnya max nya eaa . :D 

Ram biasanya dipakai untuk menjalankan multitasking.

Baterai boros

Boros baterai, tergantung prosesor sih,banyak yang bilang  "mediatek boros nih, "ungkapan itu bermula ketika Xiaomi redmi note 4 MTK meluncur" karena di anggap tipe xioami gagal.

Kenapa yang di salahkan selalu saja note 4 MTK (nikel) ? Padahal sebelumnya ada satu ponsel yang seperti terikat darah dengan mediatek :D yaitu infinix. Tapi infinix beberapa ponselnya tidak menggunakan seri X melainkan prosesor mediatek generasi lama. Tapi ada satu satunya ponsel yang menggunakan X20 yaitu seri zero 2 apa 3 gitu.

Sama sama panas tapi usernya kalem aja, kenapa ? Karena banyak developer nya. Walau OS-nya gak update dari official kan bisa pake cusrom basis OS Android terbaru, apa susahnya ya kan?

Kelebihan dan Keunikan nya


Baca sendiri Sono, canda

Dikatakan :

Extreme Performance

At the top of the MediaTek Helio line of systems-on-chip, MediaTek Helio X series is our extreme performance segment. 
The MediaTek Helio X chipsets showcase our most advanced processing architectures, the latest fabrication technologies, and camera and display innovations that set the standard for mobile multimedia features. 

Artinya :
Kinerja Ekstrim

MediaTek Helio X Series Adalah Prosesor Tingkat atas sistem-on-chip, MediaTek Helio X series adalah segmen kinerja yang extream.Chipset MediaTek Helio X menampilkan arsitektur pemrosesan paling canggih, teknologi fabrikasi terbaru, serta inovasi kamera dan tampilan yang menetapkan standar untuk fitur multimedia seluler.

Yang perlu di garis bawahi adalah prosesor ini tandingannya adalah Snapdragon 8xx series karena mempunyai cluster/kecepatan clock yang tinggi sesuai dengan level user. Maksudnya cari tahu sendiri yak. 


kenapa sayayakin sekali kalai tandingannya snapdragon 8xx series ?

karena distu tertulis prosesor terakhir yang artinya untuk performace. dan snapdragon 8xx adalah prosesor terkencang juga/terakhir.  pasti bakala ada yang nanya, "kan asih ada seri P gan ?" 

Deskripsi Seri P Bisa kalian Baca : https://www.mediatek.com/products/smartphones/helio-p
Tertulis : Slime Profile Maksudnya pemakaian yang terbilang middle/pertengahan walau disitu tertulis performance tapi di fokuskan untuk irit iritan baterai. dan seri p ini hanya mempunyai 8otak/octacore  

Mempunyai tri-cluster 3 mode kecepatan clock yang berbeda beda pada prosesor dan X series ini juga mempunyai otak yang paling tinggi mencapai deca core/10 otak
Snapdragon paling mentok kalo gak salah octacore/8 otak ya ? Lupa saya.

Update : Spesial Buat kalian yang baca sampai habis
- Custom Kernel Xiaomi Redmi Note 4 MTK. Best Performace Now,
Score Antutu Up To 100835
Baca Disini : Custom Kernel Xiaomi Redmi Note 4 MTK (Nikel) - Score Antutu Up To 100834

So, kalau di overcloking pasti kenceng nih prosesor, cuman karena nm nya besar aja jadi panas dan di minimalisir dengan softwarenya.

Show/Hide Comment

Muat Lebih Banyak
About Author

Menjadi Seorang Blogger Yang Berguna Untuk Orang Lain Dan Tetap Berbagi Ilmu Walau Hanya Sepotong Kata
Follow Me :
Related Article