TAugust 07, 2018

Apa itu AI Smartphone (Artificial Intelligence) Kecerdasan Buatan Pada Kamera

Kecerdasan Buatan (AI)

Smartphone pada saat ini sudahlah sangat pintar sampai sampai sudah ada yang di bekali AI (Artificial Intelegent) kecerdasan buatan yang memungkinkan software untuk berpikir.

Malah ada yang namanya AIE (Artificial Intelegent Engine) jadi dimana suatu mesin yang dapat mendiagnosa atau mengetahui dirinya sendiri. Atau bisa berpikir lewat hardware mana itu objek dan subjek.

Contohnya ada pada smartphone saat ini dan software terbaru saat ini pada android yaitu android P Beta. Di klaim mempunyai kecerdasan seperti : 
- bisa mengetahui aktifitas kita dalam jam berikutnya
- aktifitas aplikasi saja yang biasa sering di pakai pada waktu tertentu
- mengoptimalkan baterai dan mengetahui jam berapa saja user akan mengisi baterai
- mengetahui objek dan subjek pada kamera.

Baca Juga : Lebih Baik Simpan File Di Storage Atau Cloud ?

Contoh Ai pada tahun ini yang populer terletak pada kamera

Yap, memang benar sekali. Asus dengan zenui nya pada Asus Zenfone M1 (bukan pro version) yang memang dari default hardwarenya tidak mempunyai AIE pada kameranya dan androidnya pun masih Nougat tetap masih bisa membuat efek Bokeh loh, 

Padahal sepengatahuan saya dulu, Bokeh itu dari segi hardware, ternyata software juga bisa menghasilkan seperti itu ya.

AI dengan Basis Software

Bukan hanya pada software saja, contoh pada custom UI pada MIUI dengan Basis Android Marsmallow saja sudah bisa mempunyai AI Juga loh.

Pada MIUI 10 walau status Beta sudah mempunyai AI walaupun masih belum sesempurna mungkin. Tapi kedepannya jika MIUI 10 Sudah rilis alias sudah masuk global stable akan berguna sekali.

Jadi apa artinya smartphone ? Ponsel pintar bukan ? So, buat apa jika namanya smartphone tapi tidak pintar apalagi usernya hihihi.. jangan sampe deh. 

Bagaimana sih contoh kecil program AI ?

Program pembuatan AI itu mudah sebenernya, pernah denger yang namanya "if else" gak ? Jika kamu programmer pastinya tau lah ya.
Yap cuma memakai if else saja itu sudah dikatakan mempunyai pikiran karena dasarnya logika yang membuat program itu kerja jika harus di lakukan.

Contoh program kecil :

String x = "true";
If(x==true){
System.out.println("lakukan");
} Else {
System.out.println("jgn lakukan");
}

Kapan AI pertama kali dibuat ?

Sudah lama banget sob, pertama kali komputer dibuat pun itu sudah dikatakan AI hanya saja orang tidak berpikir seperti itu. Padahal jika kursor mengklik sesuatu pada menu itu komputer berpikir "apakah kursor sedang klik menu ini ?" Jika ya maka "dilakukan" jika tidak di klik maka "tidak dilakukan".

Tapi kenapa AI Buming baru sekarang ?

Karena program sekarang mulai rumit dan banyak sekali dan terus continue terus, tidak jika gagal untuk continue/break program akan Hank dan sistem error.
Ai pada smartphone sekarang sudah terlihat sekali dengan pemikirannya. Apalagi bisa tahu mana objek dan subjek. Malah akselerator dikombinasi dengan rotasi akan menghasilkan sensor gyroscop. Itu karena software kombinasi antara 2 sensor yang selalu sinkronisasi.

Show/Hide Comment

Muat Lebih Banyak
About Author

Menjadi Seorang Blogger Yang Berguna Untuk Orang Lain Dan Tetap Berbagi Ilmu Walau Hanya Sepotong Kata
Follow Me :
Related Article