9/24/2018

Cara Merekam Layar Android Dengan Splitter / Dual Port Audio Tanpa Root 100%

Rekam Auido Internal Tanpa Root ? Ampuh kah ? 3000% Di jamin Ampuh


Sesuai dengan pengalaman saya ketika menjadi youtuber 😰 merekam suara game pada audio internal (system sound). Cara ini bisa buat ngerekam game. Jadi suara pada audio Interlagos atau sound internal langsung merekam tanpa mic.


Langsung saja ke step berikut :


Sebelumnya siapkan kebutuhannya dulu :
Alat yang dibutuhkan:
  • Android versi apa aja yang penting bisa screen record, plus aplikasi screen recorder terserah kalian, kalo say sendiri menggunakan RecMe dan AZ screen recorder karena fiturnya banyak dan lebih stabil daripada aplikasi yang lain recorder lainnya.
  • Butuh device lain seperti PC atau smartphone lainnya. Disini saya menggunakan PC.
  • Yang penting, butuh audio splitter dan kabel aux. Kalian bisa beli splitter di toko online dengan harga 10ribu dan kabel Aux 10ribu juga total jadi 20ribu.
  •  Fungsi dari kabel Aux menghubungkan suara android ke PC/smartphone lainnya. Jadi Pc/smartphone akan mengenali suara internalnya android sebagai mikrofon (tapi bukan dari mikrofon androidnya). Apapun suara internal yang keluar dari android akan terekam. Seperti suara notifikasi, telepon, dan suara lainnya
  • Sotfware editing. Saya pakai premiere pro atau di android bisa pakai Kinemaster atau aplikasi editing lainnya.

Langkah langkah berikut :
1. Siapkan perekam layar di android dan perekam suara di PC dalam kondisi standby. 

2. Sambungkan kabel aux dan splitter dengan aturan: buat suara di android dulu (lihat Tips poin 1), terus satu ujung kabel aux disambungkan ke jack android terlebih dahulu. Android akan mengenali kabel aux sebagai headset biasa. Setelah itu ujung yang lain disambungkan ke splitter bagian mikrofon. Baru splitter disambungkan ke jack PC. Untuk jack splitter yang satu nya adalah jack buat speaker, bisa ditancep headset atau speaker portable. Jadi agan tetap bisa mendengarkan suara internal ketika main game sambil merekam.

Gambar ilustrasi dibawah



3. Cek apakah suara internal android sudah terdeteksi di perekam suara PC/smartphone lainnya ?

4. Rekam layar di android dan rekam suara di PC.

5. Setelah selesai, video rekaman layar dan rekaman suara perlu digabung dengan software editing.

Tips:Saya tadi bilang kalo PC akan mengenali android sebagai mikrofon. Jadi kalo android tidak mengeluarkan suara (telepon, notifikasi, musik, game, dll), koneksi suara dari android ke PC akan keputus, jadi harus dicabut dulu splitternya baru ditancep lagi ke PC. Tipsnya adalah, agan perlu bikin suara dulu, kalo game ya gamenya dibuka dulu, kalo musik ya diplay dulu, baru tancep splitter ke PC. 

6. Pencet rekamnya bisa kapan saja. Sebelum kabel ditancep atau sesudahnya. Yang penting sebelum main game hahahaha (yakali kalo main dulu baru ngerekam ya apa yang mau direkam wkwkwk). Toh nanti akan diedit lagi. 

Untuk pc, Saat dengerin suara lewat headset, akan kedengeran kecil banget. Itu karena kita dengerin suara internal, yang dikenal PC sebagai mikrofon. Kalo mau dengerin lebih jelas, buka settingan mikrofon di PC, dan centang "listen to this device".



    7. Thread ini make sistem rekam kepisah antara video dan audio. jadi nanti pas diedit agak susah alias harus dipasin suara dan videonya. Tipsnya adalah, setelah ngrekam, entah itu setelah main game atau sebelumnya, aktifin dial tone, buka dial pad, dan ketik nomor sembarang secara terus menerus. Tips ini harus dilakukan sekali rekaman bersamaan dengan merekam game (atau yang lainnya). Nanti kan suaranya kedengeran, langsung tancep splitter ke PC sambil terus mencet tombol dial pad biar PC ngrekam suara dial tone nya (jangan sampai berhenti mencet, nanti koneksi suara putus--lihat Tips poin 1). Nanti pas diedit dipas in aja video pas mencet nomor sama suara dial tone nya. Kalo masih susah, bisa diliat waveform audionya. Ya ini cuma biar mempermudah ngepas in video sama audio aja sih.

Selesai... Hanya sampai sini tips kali ini semoga bermanfaat. Terutama bagi para YouTuber gaming mobile... Hehehehe

Note : 
Splitter diatas berguna untuk misah antara mic dan speaker. Berguna sekali kalau PC/laptop anda punya jack 3.5mm yang 2in1, artinya mic sama speakernya jadi satu jack (biasanya ada di laptop terbaru dan smartphone)
Kalo jack di PC/laptop anda bukan 2in1, tidak perlu pakai splitter. Langsung colok pakai kabel aux ke jack mic PC aja.

Update : 
Untuk gaming mobile seperti PUBG dan game yang ada voice chat agar berfungsi dengan baik maka Tinggal tambah splitter satu lagi buat di androidnya. Dengan syarat, microphone yang ditancep ke splitter di android harus microphone external (ring jacknya cuma 1: mic sama ground), bukan semacam headset yang ada microphonenya.
Mengapa demikian? mayoritas splitter yang udah ane coba itu jack femalenya speaker cuma buat jack male yang punya 1 ring saja. Kalai earphone yang ada micnya kan berarti jacknya 3 ring kan, jadi tidak akan cocok (android tidak mendeteksi sebagai microphone).

Untuk diagramnya seperti dibawah agar anda tidak pusing dengan  langkah yang saya buat ini
Sekian, semoga bermanfaat.